Cara Install ARD V.2 Kemenag di OS Linux

0
393

Install ARD v.2 Kemenag

Aplikasi Raport Digital atau ARD ini biasanya atau kebanyakan di install di OS Windows, namun ada sedikit permasalahan pada spesifikasi komputer atau laptop yang dipakai atau dijadikan server, mungkin bagi sekolah atau madrasah yang sudah mempunyai komputer server sendiri ini tidak bermasalah, tetapi pada madrasah atau sekolah yang belum mempunyai.

Sudah menjadi hal umum bahwa OS Linux ini lebih ringan daripada OS windows, jadi bagi komputer yang masih spek rendah dan ingin dijadikan server ARD bisa ganti OS menjadi Linux.

Ok. Langsung saja ke pembahasan. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya sebagai berikut dan baca dengan seksama:

  • Pastikan komputer atau laptop yang akan dijadikan server ARD sudah menggunakan OS Linux, boleh ubuntu atau OS linux lainnya.
  • Install aplikasi VirtualBox, bisa unduh disini https://www.virtualbox.org/wiki/Linux_Downloads. atau langsung bisa dari aplikasi market bawaan linux tinggal cari Virtualbox nanti akan tersedia dan install.
  • Pastikan file VDI ARD sudah di download

Untuk proses instalasi sebagai berikut:

#Tahap 1

Buka aplikasi Virtualbox, kemudian pilih NEW, masukan nama, tipe, dan versinya. Untuk tipe pilih Linux dan versi pilih Debian 64bit, kemudian Next.

Untuk memory size bisa pilih 1024 MB atau lebih tetapi jangan sampai melebihi strip merah.

Untuk Hard Disk pilih Use an existing virtual hard disk file dan masukan file VDI nya melalui tombol/ikon drive disampingnya. Setelah terisi klik Next

#Tahap 2

Masuk ke menu File – Host Network Manager, bisa lihat divideo bawah ini.

#Tahap 3

Masuk ke Setting, masuk ke System rubah Processor menjadi 2, kemudian ke bagian Network untuk Adapter 1 pilih Host-Only Adapter, pada bagian Permiscuous mode pilih Allow All. Selanjutnya pindah ke sebelah kanan, Adapter 2 pilih NAT, kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan. Selengkapnya bisa lihat video dibawah ini.

 

Sekarang cek, buka IP ARD 192.168.0.101 di browser apakah sudah bisa diakses dengan semestinya. Semoga berhasil.

Demikian tutorial cara install ARD V.2 Kemenag di OS Linux, kurang lebihnya kami mohon maaf, silahkan share dan comment.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here