Cara Membuat PPDB Online Menggunakan WordPress

0
3991

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online merupakan salah satu bentuk layanan yang patut diterapkan di sekolah, karena akan mempermudah sekolah, siswa, maupun orang tua dalam pendaftaran siswa tanpa harus pergi ke sekolah langsung, namun dapat dilakukan kapan saja walau jarak yang jauh.

Disini kami akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat PPDB online dengan menggunakan wordpress. Plugin utama yang kami gunakan yaitu Easy Registration Forms dan beberapa plugin tambahan lainnya dan plugin-plugin ini gratis sudah tersedia di dasbor website wordpress Anda, hanya tinggal mengunduh dan aktifkan.

Fitur Plugin Easy Registration Forms

Plugin ini mempunyai beberapa keunggulan dibanding plugin-plugin lain yang hampir mirip cara kerjanya, antara lain :

  • Custom ID pendaftaran : bagi sekolah yang menginginkan setiap pendaftaran baru mempunyai ID masing-masing secara otomatis dan menyesuaikan ID yang sudah ada disekolah, plugin inilah yang sangat cocok untuk Anda gunakan.
  • Drag and Drop : memungkinkan Anda untuk menyeret bagian kolom yang diperlukan didalam membuat formulir, sehingga akan lebih mudah.
  • Kolom tanpa batas : Anda dapat membuat banyak kolom dalam satu formulir pendaftaran dan tentunya responsive disemua perangkat sehingga dapat mempermudah digunakan.
  • Sistem laporan setiap saat : sistem laporan data PPDB yang masuk secara rutin ke database yang dapat Anda gunakan untuk melaporkan ke pihak atasan Anda. Sistem ini menggunakan eksport berupa file CVS.
  • Mendukung semua bidang: Teks, Kolom Teks, Pilih, Kotak Centang, Radio, Email, Telepon, Nomor, Tanggal, File, dll.
  • Pemberitahuan pendaftaran baru : setiap ada pendaftaran baru Admin PPDB dan pendaftar akan mendapatkan pemberitahuan berupa Email yang masuk secara otomatis.
  • Login WordPress dengan formulir pendaftaran (untuk pengguna front-end).
  • Dan masih banyak lainnya, bisa cek langsung di website resminya disini.

Langkah-langkah Membuat PPDB Online

Langkah-langkah yang saya buat mungkin alurnya agak panjang, oleh karena itu ikutilah langkah demi langkah supaya tidak keliru.

Langkah 1 :

Install plugin Easy WP SMTP dan pugin Easy Registration Forms

Langkah 2 :

Ganti email utama wordpress menggunakan email SMTP, seperti ppdb@sekolahku.sch.id, ppdb@bekenweb.com. menggunakan plugin Easy WP SMTP, caranya :

  • Buka menu pengaturan umum – Alamat Email rubah menjadi seperti ppdb@sekolahsaya.sch.id (sekolahsaya.sch.id rubah menggunakan domain sekolah Anda), kemudian klik Simpan Perubahan
  • Cek email baru Anda, dan klik tautan konfirmasi yang masuk dari pihak WordPress.
  • Setelah berhasil, masuk ke menu Pengaturan – Easy WP SMTPMembuat PPDB Online
  • BACA LANGKAH INI SELANJUTNYA DISINI

Langkah 3 :

Membuat laman login, Anda masuk ke menu ESForms – Shortcodes copy pada bagian Login Form biasanya seperti ini [erforms_login]

Kemudian buat laman baru dan beri nama Masuk atau Login (dapat Anda sesuaikan), dan tempel shortcode tadi di bagian kolom Laman, kemudian Terbitkan.

Langkah 4 :

Membuat laman Akun saya, caranya sama seperti langkah ke 3, hanya saja Shortcode yang berbeda, copy pada bagian [erforms_my_account] dan buat laman baru dengan nama Akun Saya (bisa disesuaikan).

Langkah 5 :

Membuat form Daftar, caranya masuk ke menu ERForms – Add new, beri nama pada kolom Name of your form dengan Daftar kemudian klik Save, pastikan sebelumnya memilih User Registration Form.

Untuk merubah nama kolom, klik pada ikon Pen, seperti gambar dibawah ini.

Membuat PPDB Online

Editlah pada kolom Label, menjadi nama kolom yang sesuai, misalkan First Name menjadi Nama depan, Last Name menjadi Nama Akhir, dan begitu juga kolom yang lainnya.

Untuk menjadikan kolom harus diisi ketika diinput, klik pada Required menjadi centang, seperti gambar dibawah ini. kemudian klik Click untuk menutup.Membuat PPDB Online

Untuk menambahkan kebeneran akun, tambahkan kolom konfirmasi kata sandi, sehingga harus memasukan 2 password yang sama. Ini juga bermanfaat supaya tidak ada user spam yang muncul secara otomatis. Lihat gambar dibawah ini :

Menambahkan PPDB Online

Karena secara default kolom Daftar belum ada kolom Username (nama pengguna) dan ini sangat penting, maka Anda harus menambahkannya. Username bisa Anda rubah dengan nama panggilan Pendaftar PPDB, caranya lihat video dibawah ini.

 

Setelah selesai semua, klik tombol Save biru yang ada dibawah untuk memyimpan perubahan.

Langkah 6 :

Membuat laman Daftar, ini digunakan untuk menambahkan akun baru, salin Shortcode (setiap website Shortcode bisa berbeda), seperti pada gambar dibawah ini, pada kolom laman. Setelah selesai klik Terbitkan.

Membuat PPDB Online

Langkah 7 :

Menambahkan ID Pendaftaran, caranya masuk lagi ke menu ERForms – Allforms – Dashboard – Configure – General Settings – Unique ID, selengkapnya bisa lihat video bawah ini.

Keterangan:

  • Current Index : nomor index yang selalu berubah-ubah jika ada user baru, jika ingin mereset menjadi urutan pertama atau 0 ubahlah menjadi nol (0).
  • Prefix : Kode ID pokok, seperti PPDB2019-xxxxx, kode ini tidak akan berubah, untuk dapat membedakan dengan ID lain pisahkan dengan tanda (-)
  • Number Padding : kode untuk mengurutkan nomor ID, jika diisi 5 maka kode akan menjadi 5 digit, seperti 00001, jika diisi 4 menjadi 0001, jika diisi 1 menjadi 1, Anda dapat menyesuaikan, cek keterangan selengkapnya disini.
  • Number Offside : boleh tidak dirubah atau tetap 1. Ini menentukan interval angka untuk ID Pengajuan yang akan datang. Misalnya Indeks Saat Ini adalah 1 dan Nomor Offset adalah 3 di sana ID Pengajuan akan menjadi 1, 4, 7 dan seterusnya.

Setelah selesai klik SAVE untuk menyimpan.

Karena artikel ini terlalu panjang, akan saya lanjutkan ke bagian 2 diartikel selanjutnya klik disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here