Cara Memindahkan WordPress Dari Localhost Ke Hosting Cpanel

2
1362

 

Cara Memindahkan WordPress

Memindahkan wordpress dari localhost bisa dikatakan migrasi wordpress dari offline ke online, karena wordpress yang terinstal di localhost dan dapat diakses tanpa internet. Pada artikel lain pernah saya bahas bagaimana cara instal wordpress di localhost atau XAMPP, Anda bisa cara artikel di tautan ini.

Disini kami akan membantu bagaimana caranya untuk mengaplikasikannya, akan kami bimbing tahap demi tahap. Pastikan Anda sudah mempunyai domain dan hosting yang siap untuk menampung database. Pada tutorial ini saya menggunakan nama “Almun” sebagai database dan nama web di localhost dan akan kami migrasikan ke http://almun.kurkid.club

1. Masuk ke phpmyadmin di localhost

Buka terlebih dahulu aplikasi XAMPP dan aktifkan apache dan MYSQL, kemudian akses localhost/phpmyadmin di adress bar browser Anda.

2. Pilih database yang ingin diupload

Database ini berisikan database wordpress yang akan dijadikan online, jika bingung bisa Anda buka wp-config.php nanti akan ada beriskan kode dan nama databasenya, seperti contoh dibawah ini.

Cara Memindahkan WordPress

Jika sudah tau, selajutnya pilih database di localhost

3. Replace link di wp_posts dengan link domain tujuan

Pada contoh ini wordpress offline semua link berawalan http://localhost/almun/blablabla, nanti link itu akan dirubah ke http://almun.kurkid.club supaya tidak bertabrakan atau terjadi error pada link setelah di migrasikan.

Cara Memindahkan WordPress

Caranya hanya menambahkan kode replace guid di wp_posts dengan kode berikut :
UPDATE wp_posts SET guid = REPLACE(guid, 'http://localhost/almun', 'http://almun.kurkid.club')

Letakan pada kolom table SQL, terlebih dahulu klik menu SQL nanti akan muncul kolom, kolom itu disini dengan kode diatas, kemudian klik tombol KIRIM untuk menyimpan (ada dibawah).

Cara Memindahkan WordPress

Pada gambar diatas tepatnya dikode yang bergaris merah, Anda rubah sesuai domain asal (dilocalhost) dan web tujuan. Selanjutnya klik KIRIM untuk menyimpan.

4. Replace link siteurl dan home

Langkah selanjutnya, buka table wp_options untuk merubah siteurl dan home, caranya buka wp_options > ubah > Kirim (hanya pada siteurl dan home saja) ganti dengan nama domain Anda. lihat gambar dibawah.

Cara Memindahkan WordPress

sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini :

Cara Memindahkan WordPress

5. Eksport database

Sekarang Anda perlu mengeksport database, caranya klik pada nama database kemudian klik Eksport (ada diatas) kemudian klik Kirim.

Cara Memindahkan WordPress

6. Buat akun database di cpanel hosting

Buka akun cpanel hosting Anda, kemudian buat database melalui menu Database MySQL.

Cara Memindahkan WordPress

Isi dengan nama database Anda, boleh bebas dan mudah diingat. Langkah selanjutnya membuat akun pengguna database. Lihat gambar berikut

Cara Memindahkan WordPress

Nama pengguna boleh sama dengan nama database, untuk kata sandi harus kuat minimal 65. Selanjutnya klik tombol Buat Pengguna. Jika sudah Anda kembali lagi ke halaman barusan.

Langkah selanjutnya menambahkan pengguna ke database. Pilih pengguna dan nama databse tujuan kemudian klik Tambah dan beri centang pada semua hak selanjutnya klik Buat perubahan.

Cara Memindahkan WordPress

Cara Memindahkan WordPress

7. Import database ke phpmyadmin

Sekarang upload / import database dari localhost tadi ke cpanel, melalui phpmyadmin. Kembali ke halaman utama cpanel, klik Phpmyadmin.

Klik pada nama database yang barusan Anda buat, lalu klik Import, upload file .sql lewat choose file. kemudian klik Kirim.

8. Upload file website ke file manager cpanel.

Kembali ke halaman dasbor cpanel, pilih Pengelola file / fie manager. Caranya, pilih file wordpress pada htdocs, Anda kompres menjadi .zip

Cara Memindahkan WordPress

Jika sudah di .zip, Anda upload ke file manager, pilih folder public_html kemudian klik unggah (ada diatas). Setelah berhasil terunggah, klik ekstrak untuk mengekuarkan file dari .zip,

9. Edit wp-config.php

Nama database serta penggunanya ada dibagian ini, Anda perlu mengeditnya sesuai nama database, pengguna, dan password yang tadi Anda buat seperti pada langkah ke – 6 diatas. caranya klik kanan pada mouse dengan mengarahkan ke wp-config.php kemudian pilih Edit.

Cara Memindahkan WordPress

Yang perlu Anda edit pada kode seperti bawah ini.

// ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */
define('DB_NAME', 'namadatabase');
** MySQL database username */
define('DB_USER', 'penggunadatabase');
/** MySQL database password */
define('DB_PASSWORD', 'passworddatabase');

Keterangan.

  • Pada DB_NAME anda isi dengan nama database
  • DB-USER diisi dengan nama pengguna database
  • DB_PASSWORD diisi dengan password database.

Jika sudah dirubah, klik simpan perubahan. dan tutup.

10. Edit pula pada .htaccess

Arahkan kursor pada file .htaccess klik kanan pilih edit, jika file .htaccess tidak ada, pergilan ke pengaturan (ada diatas kanan) centang pada “tampilkan file tersembunyi”, kemudian klik save/simpan.

Cara Memindahkan WordPress

Pada gambar diatas ada arah panah menuju kata almun itu nama pada wordpress di localhost tadi, Anda harus membuangnya supaya tidak terjadi kesalahan pada akses wordpress Anda yang dimigrasi, sehingga kodenya menjadi.

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase //
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /almun/index.php [L],
</IfModule>

# END WordPress
Selanjutnya klik simpan perubahan.

Pada tahap ini, Anda coba akses wordpress Anda, semoga lancar tidak ada kendala, jika masih bingung silahkan tanyakan kepada kami melalui kontak kami. terima kasih semoga bermanfaat.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here