Instalasi wordpress
WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang sangat popular digunakan pada saat ini. Karena sifatnya yang sangat dinamis, fleksibel (mudah digunakan untuk tujuan tertentu), open source, gratis, relatif aman dan masih banyak keunggulan lainnya.

WordPress sendiri terbagi menjadi 2, ada yang hosted (wordpress.com) dan non hosted (wordpress.org). Maksudnya, hosted itu semua data website tersimpan di server pusat milik perusahaan itu sendiri, ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula. Sedangkan non hosted, semua data file website tersimpan di hosting milik Anda sendiri yang Anda sewa dari perusahaan web hosting seperti Hostinger, Niagahoster, Rumahweb, Puskomedia, Jagoanhosting, dan masih banyak lainnya di Indonesia ini.

Pada kesempatan ini, akan kami uraikan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan setelah instalasi wordpress. Bagi Anda yang belum tau bagaimana cara install WordPress bisa baca diatikel yang berjudul “Cara Install WordPress” dengan menggunakan beberapa cara seperti di Cpanel, VPS Ubuntu 16.04, dan dikomputer sendiri (offline).

Hal yang harus dilakukan setelah instalasi WordPress

1# Ubah permalink

Apa itu permalink? Permalink adalah struktur URL atau link. Secara default permalink wordpress seperti https://bknweb.tk/2018/03/03/contoh-tulisan/ dengan membawa embel-embel tahun, bulan, dan tanggal. Namun permalink ini dinilai kurang ramah lingkungan (SEO), oleh karena itu Anda harus merubahnya.

Caranya, buka Dasbor wordpress Anda, dan buka pengaturan. Didalam perngaturan ada opsi Permalink Anda buka opsi tersebut. Ubah dari Tanggal dan Nama ke Nama Tulisan dan klik Simpan perubahan untuk menyimpan perubahan. Selengkapnya baca Cara Setting Permalink WordPress Agar Seo Friendly

Instalasi wordpress

2# Hapus plugin Hello Dolly dan Aktifkan plugin Akismet Anti-Spam

2 plugin ini juga termasuk plugin default. Yang harus Anda lakukan hapus plugin Hello Dolly dan aktifkan plugin Akismet. Caranya, buka menu Plugin > Plugin terpasang. Pilih Hapus pada plugin Hello Dolly, tunggu sejenak sampai proses selesai supaya tidak muncul masalah pada website Anda. Setelah selesai pilih Aktifkan pada plugin Akismet, dan tunggu sampai proses selesai. Selengkapnya baca Cara mencegah komentar spam dengan Akismet.

Instalasi wordpress

3# Rubah Zona Waktu dan pengaturan umum lainnya

Gantilah zona waktu yang sesuai dengn daerah Anda, jika untuk negara Indonesia pilih UTC+7 dan untuk format lain seperti format waktu, tanggal, dimulai dari pada, dan lain sebagainya itu tergantung pada kebutuhan Anda sendiri.

Jika format zona waktu tidak dirubah nanti akan berdampak pada settingan waktu yang tidak sesuai seperti ketika Anda posting artikel pada jam 8 pagi WIB tetapi yang muncul pada artikel tersebut jam 8 lebih atau kurang, karena zoba waktu tidak sesuai dengan zona waktu tempat Anda tinggal

4# Hapus artikel Hello World dan laman Simple Page

2 artikel tersebut hanyalah sebuah contoh, Anda boleh untuk menghapusnya. Selanjutnya bagaimana cara menghapusnya? Arahkan kursor mouse (jika menggunakan laptop/pc) pada artikel dan pilih Buang. Jika menggunakan smartphone centang pada artikel dan pilih pada kolom Pindahkan ke Tong Sampah.

5# Lengkapi data info pribadi

Yang harus Anda rubah bagian utama ini adalah nama lengkap Anda, karena secara default nama lengkap Anda masih kosong dan hanya menggunakan username, Jika tidak dirubah orang lain bisa mengetahui username yang gunanya untuk login wordpress Anda, dan username (nama pengguna) ini harus Anda rahasiakan.

Caranya adalah buka menu pengguna > Profil Anda scroll ke bawah sampai bagian Nama depan dan Nama Belakang Anda isi dengan nama lengkap Anda atau perusahaan (jika untuk perusahaan). Untuk opsi lain boleh Anda lengkapi sesuai kebutuhan.

Instalasi wordpress

6# Rubah dan hapus tema default

Secara default tema yang terinstal pertama kali adalah Twenty Seventeen atau tema yang Anda pilih saat pertama kali install. Anda rubah Theme dengan template lain yang lebih menarik, responsive, dan seo friendly, Anda bisa lihat disini https://www.hadziq.web.id/category/wordpress-themes/ atau penyedia wordpress theme lainnya yang sangat popular seperti WordPress.org, Themeforest.net, Elegantthemes.com dan situs penyedia lainnya bisa cari di Google.

Untuk merubah theme ada 2 cara, pertama manual dan instan. Untuk cara manual ini terlebih dahulu Anda download dari situs lain selaku penyedia theme kemudian upload. Dan cara instan bisa instal theme dari dasbor website Anda langsung, hanya pilih theme mana yang cocok, instal, dan aktifkan.

  • Cara upload theme manual
    Theme yang Anda download dari situs lain terkadang dibungkus oleh beberapa .zip jadi pastikan theme yang akan diupload isi terdapat file utama wordpress seperti header.php, 404.php, category.php, archive.php, dan lain sebaginya. Jika masih ada file .zip lainnya, ada harus ekstrak dahulu. Lihat gambar dibawah ini.

    Instalasi wordpress
    Buka menu Teme > Tambahkan baru > Unggah tema > Pilih theme (dari komputer) > Upload. Tunngu sampai proses selesai dan Aktifkan

  • Cara instal theme (Instan)
  • Buka Tema > Tambahkan baru > pilih tema > Instal > AktifkanCara untuk menghapus theme yang tidak dipakai, kembali ke menu Tema > arahkan kursor (jika di pc) > Rincian tema > Hapus. Tunggu sampai proses selesai.

7# Instal Plugin WP Smush It

Plugin ini berguna untuk mengkompres gambar yang berukuran besar tanpa mengurangi kualitas gamar itu sendiri Sehingga website Anda akan terasa lebih ringan saat diakses

8# Nonaktifkan pingback

Pingback ini berguna untuk mempercepat loading website, namun ada sebagian para pakar ini termasuk bagian yang penting, jadi tak perlu menghilangkan/nonaktifkan pingback. Selengkapnya baca disini

Instalasi wordpress

9# Instal plugin Wp Optimize dan plugin cache lainnya

Plugin wp optimize ini berguna untuk menghapus update-update atau perbaikan pada artikel termasuk penyimanan otomatis saat menulis artikel. Karena jika tidak dihapus dan menumpuk akan menambah lambat loading website Anda. Sedangkan plugin-plugin yang popular dipakai diantaranya wp super cache, wp total cache, dan wp fastest cache.

10# Verifikasi website ke Google Webmaster Tools

Ini langkah terakhir setelah website Anda siap online, jika masih dalam proses pembuatan sebaiknya jangan terlebih dahulu mendaftar, karena terkadang perbaikan-perbaikan yang telah dihapus bisa terindeks oleh Google dan bisa menyebabkan error 404. Untuk cara verifikasi website bisa menggunakan bantuan plugin Yoast, Jetpack, dan All in One Seo

Itulah beberapa langkah yang harus Anda lakukan setelah instalasi wordpress, jika Anda punyai opsi lain silahkan tambahi, bisa menghubungi kami melalui kolom komentar dibawah. Semoga artikel Setelah Instalasi WordPress, apa yang harus saya lakukan? Ini bermanfaat dan terima kasih 🙂

× Hubungi kami